Jumat, 02 Juni 2017

Tips Memanajemen Kartu Kredit

Tips Memanajemen Kartu Kredit - Memiliki kartu kredit, apalagi bagi pengguna pemula in merupakan hal yang menyenangkan bagi beberapa orang. Beberapa rencana yang sudah di rancang jauh-jauh hari mungkin sudah tak sanggup untuk di tahan lagi, seperti berbelanja barang elektronik, ataupun membeli barang yang sudah diinginkan dari dulu. Hal itulah yang akan menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka yang menerima kartu kredit untuk pertama kalinya.

Hal pertama yang mungkin muncul di pikiran anda ketika memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya adalah menyelesaikan belanja sesuatu yang sudah anda idamkan sejak lama. Atau anda akan pergi ke mall dan mentraktir teman anda untuk merayakan hal tersebut.

Tips Memanajemen Kartu Kredit
Tips Memanajemen Kartu Kredit 

Tapi tanpa anda sadari setelah melakukan berbagai hal tadi, akan ada sejumlah tagihan yang mulai menghantui anda. Mungkin anda akan merasa menyesal karena sudah terlalu asyik saat pertama kali mendapatkan kartu plastik tersebut.

Maka sebagai pengguna kartu kredit pemula, anda harus pintar-pintar melakukan manajemen untuk mengontrol kegiatan belanja anda. Karena setiap transaksi yang anda lakukan dengan kartu kredit adalah hutang. 

Beberapa tips memanajemen kartu kredit bagi pemula di bawah ini mungkin akan memberi anda wawasan untuk memanajemen kartu anda.

Tips memanajemen kartu kredit

1. Pilih kartu kredit yang cocok untuk anda
Beberapa bank mempunyai banyak jenis kartu kredit, yang berguna di berbagai bidang. Kartu tersebut akan memberikan penawaran dan kelebihan yang berbeda-beda, sesuai dengan jenisnya masing-masing. Maka pilihlah karu yang cocok dengan anda, misalnya jika anda gemar berbelanja barang elektronik, maka anda harus memilih kartu kredit yang memberikan promo dan diskon untuk barang-barang elektronik.

2. Cukup 1 kartu
Memang kebutuhan dan keinginan kita sangat banyak, tapi anda harus dapat memilih kebutuhan apa yang sangat anda butuhkan. Jangan anda menggunakan kartu kredit baru untuk sesuatu hal yang mungkin tidak benar-benar anda butuhkan. Tinggalkan keinginan tersebut karena memiliki 2 kartu akan menambah tagihan anda.

3. Jaga keamanan kartu kredit anda
Sama halnya dengan kartu debit, kartu kredit jugarentan terhadap berbagai tindak kejahatan, seperti pembobolan. Untuk itu, anda harus sangat menjaga dan merahasiakan data kartu kredit anda dari orang lain, baik itu teman maupun saudara, untuk menghindari terjadi penyalahgunaan.

4. Hati-hati dalam bertransaksi
Jika hendak melakukan transaksi secara online, anda harus benar-benar memilih toko online yang terpercaya untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit anda. Karena toko online mungkin dapat melakukan tindak penyalahgunaan terhadap kartu anda. jadi tetap berhati-hatilah.

5. Jangan melakukan tarik tunai
Jangan sekali-kali anda melakukan tarik tunai, karena setiap transaksi penarikan tunai akan dikenakan biaya penarikan sekitar 4%. Hal itu akan sangat membebani tagihan anda, jadi lakukan tarik tunai jika keadaan darurat saja.

Tips memanajemen kartu kredit tersebut dapat anda ikuti agar anda tidak pusing karena tagihan yang cukup besar. Dan jangan lupakan ini: Tetaplah anggap kartu kredit adalah kartu utang.

Nah apakah anda sudah memiliki kartu kredit? jika belum dan ingin mengajukan kartu kredit bisa baca artikel berikut ini: Cara Mengajukan Kartu Kredit (dalam contoh adalah Kartu Kredit Bank Niaga Syariah 

Cukup sekian tulisan mengenai Tips Memanajemen Kartu Kredit kali ini. Terima Kasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi tulisan ya :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memanajemen Kartu Kredit

0 komentar:

Posting Komentar