Kamis, 01 Juni 2017

Apa Itu KUR (Pengertian KUR)

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah layanan kredit atau pembiayaan dana yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan kepada UMKMK atau koperasi yang memiliki usaha yang layak, berpotensi, prospek bisnis yang baik, dan mempunyai kemampuan untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Beberapa usaha rakyat yang diharapkan untuk menggunakan KUR ini meliputi keseluruhan bentuk usaha yang bergerak di sektor usaha produktif, seperti perikanan, pertanian, kelautan, perindustrian, dan jasa keuangan simpan pinjam.

Tujuan KUR
Dibuatnya KUR oleh pemerintah ini memiliki tujuan yaitu untuk memberdayakan usaha Mikro/kecil, Koperasi, usaha menengah, menciptakan lapangan pekerjaan, dan menanggulangi kemiskinan. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka pemerintah mengadakan paket kebijakan pengembangan dan pemberdayaan usaha rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan sektor usaha dalam negeri dan memberdayakan UMKMK.

Apa Itu KUR (Pengertian KUR)

Beberapa kebijakan pengembangan dan pemberdayaan UMKMK antara lain: 
- Peningkatan pasar produk UMKMK
- Pengembangan kewirausahaan
- Reformasi regulasi UMKMK
- Peningkatan akses pada sumber pembiayaan dana

Penyaluran KUR
KUR di salurkan melalui dua cara yaitu dengan secara langsung dan secara tidak langsung. Untuk penyaluran KUR secara langsung akan dilakukan oleh UMKM dan Koperasi, dengan cara mendatangi Kantor Cabang atau kantor Cabang Pembantu Bank Pelaksana yang sudah di atur oleh pemerintah untuk menyalurkan KUR. 

Selain itu, pernyaluran KUR juga dapat dilaksanakan secara tidak langsung, yang berguna untuk mendekatkan pelayanan kepada usaha mikro. Jadi, dalam penyaluran KUR secara tidak langsung ini, usaha mikro (UMKM dan koperasi) dapat mengakses KUR langsung melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP/USP Koperasi, atau juga melalui kegiatan program lainnya yang bekerjasama dengan Bank Pelaksana.

Bagaimana cara mendapatkan KUR?
Setalah memahami apa itu KUR dan apa tujuan serta bagaimana cara penyaluran KUR, maka hal selanjutnya yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara mendapatkan KUR. Banyak masyarakat bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan KUR, karena mereka masih merasa bingung bagaimana cara untuk memperolehnya. Padahal, UMKM dan koperasi merupakan usaha yang sangat membutuhkan KUR. Untuk mendapatkan KUR, maka anda harus mebaca beberapa cara berkut ini:
  1. Pastikan usaha anda termasuk ke dalam usaha produktif, seperti usaha rumah makan, usaha salaon kecantikan, usaha kerajinan, dan lain sebagainya.
  2. Untuk mendapatkan KUR, siapkan berkas atau dokumen, seperti KTP, kartu keluarga, keterangan domisili, legalitas usaha, ijin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan tambahan lain yang dibutuhkan.
  3. Datangi bank yang menyalurkan KUR, seperti BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, Bank Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.
  4. Jika sudah mendapatkan info yang jelas, silahkan ikuti prosedur untuk mendapatkan KUR.
  5. Selanjutnya, Bank akan mensurvei usaha anda dan akan menilai apakah usaha anda layak mendapatkan KUR atau tidak. Jika dirasa memenuhi syarat, maka pengajuan KUR anda akan disetujui.
Nah jika ingin tahu apa itu syarat-syarat pengajuan KUR, silahkan anda membaca artikel berikut ini: Syarat Mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Itulah beberapa penjelasan tentang Kredit Usaha Rakyat sampai cara mendapatkan Kredit Usaha Rakyat. Bagi anda pemiliki usaha produktif, anda berpeluang besar untuk mendapatkan KUR, silahkan ikuti prosedur yang ditentukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Itu KUR (Pengertian KUR)

0 komentar:

Posting Komentar